BUSINESS DEVELOPMENT VS SALES DEVELOPMENT

By Pulau Intan Lestari

December 05, 2022

Listen to This Article

Audio Recording This Article

Dalam mengembangkan suatu bisnis ataupun usaha, kita tidak terlepas dari pengembangan bisnis itu sendiri dan juga pengembangan dari segi penjualan. Pengembangan bisnis umumnya lebih ke arah strategi, sedangkan pengembangan penjualan berorientasi ke taktis. Dari segi retensi kita pun perlu memahami bahwa dalam mengembangkan bisnis ditujukan untuk hal-hal yang jangka waktunya panjang, sedangkan pengembangan penjualan ditujukan untuk hal-hal yang jangka waktunya pendek sampai menengah, eksekusi cepat adalah yang dibutuhkan dalam pengembangan penjualan.

Setelah memahami perbedaan antara pengembangan bisnis dan pengembangan penjualan, mungkin di antara kalian ada yang berpikir mana yang harus dikembangkan terlebih dahulu? Pengembangan bisnis yang lebih strategic, ataukah pengembangan penjualan yang memerlukan eksekusi cepat? Jawabannya adalah kita harus kembangkan keduanya bersama-sama. Mulailah membagi team kerjamu menjadi dua team; team pengembangan bisnis dan team pengembangan penjualan. Mereka akan bekerja dengan cara berbeda, yang selanjutnya akan dijelaskan di paragraf selanjutnya.

Team pengembangan bisnis akan bertindak sebagai team yang berpikir untuk mengembangkan bisnis di area cold leads, yaitu target market yang saat ini belum tersentuh atau belum tertarik dengan produk kita. Sebagai contoh apabila usahamu adalah pakaian olahraga, maka yang dilakukan team pengembangan bisnis bukanlah mencari pembeli secara langsung. Tetapi mereka akan mencari lembaga lain yang berhubungan seperti organisasi ataupun komunitas olahraga, mereka akan merancang project bersama yang tentunya harus menguntungkan dan memberi kontribusi untuk pengembangan bisnis pakain olahraga mereka kedepannya.

Sedangkan, team pengembangan penjualan lebih melakukan hal cepat untuk menghasilkan penjualan. Sebagai contoh melakukan bazaar ataupun pameran di tempat-tempat strategis yang memungkinkan untuk bertemu dengan target customer mereka yang umumnya berada di area warm sampai hot leads. Pada umumnya team pengembangan penjualan sudah tahu betul mengenai target customer mereka, team ini perlu bertindak sebagai eksekutor yang mampu meyakinkan customer untuk membeli produk, menduplikasi jumlah customer, serta meningkatkan pertumbuhan penjualan di tiap periodenya.

Pada akhirnya team pengembangan bisnis dan team pengembangan penjualan haruslah sinergi. Team pengembangan bisnis harus mampu mengembangkan bisnis secara keseluruhan dengan melalui pendekatan analisis dan strategik, dan team pengembangan penjualan tentunya juga harus mampu meningkatkan pendapatan dan keuntungan penjualan melalui langkah taktis.

More in Discover

How to Athleisure Style?

Athleisure, a fitting contraction of the words “athletic” and “leisure,” refers to athletic apparel which people can wear…

Good and Easy Workout Routine

In recent decades, lifestyle as an important factor of health has become more interesting to researchers…

Yoga and Meditation

From the chapter before (PIL Pedia-007) we have an understanding what Yoga is, and how to start with it …