CROSS-PLATFORM STRATEGY FOR CLOTHING LINE

By Pulau Intan Lestari

October 17, 2022

Listen to This Article

Audio Recording This Article

Kehidupan modern saat ini tentunya memberikan banyak perubahan; mulai dari akses informasi yang semakin cepat, segala macam informasi yang kita butuhkan tersebut dapat kita peroleh di dunia maya, mulai dari yang gratis, berbayar, ataupun dengan sistem keanggotaan (membership). Berdasarkan pengamatan dari Google, Ipsos, dan Sterling Brands, kehidupan modern saat ini turut mempengaruhi perilaku konsumen dalam hal berbelanja. Penjelasan mengenai perubahan perilaku konsumen akan dijelaskan di paragraf bawah ini.

Dahulu konsumen melihat iklan yang kita pasang, baik di media cetak dan televisi, maupun dari selebaran promosi dalam bentuk brosur atau pamflet. Dari media informasi tersebut konsumen akan menilai dan memutuskan untuk membeli ataupun tidak. Tetapi sekarang konsumen melakukan hal yang lebih kompleks daripada itu, pola perbelanjaan lintas platform lah yang seringkali terjadi saat ini. Pola perbelanjaan lintas platform dapat dijelaskan sebagai beraneka jalan yang dapat dipilih oleh konsumen untuk mendapatkan produk yang kita jual, sebagai contoh; beberapa konsumen mendapatkan informasi tentang produk kita dari website, sebagian dari mereka ada yang memutuskan untuk membeli langsung melalui website kita, sebagian lagi ada yang datang ke toko offline kita, dan sebagian lagi ada yang membeli melalui marketplace.

Tidak ada yang salah dengan pola perbelanjaan ini, karena konsumen bebas memilih metode berbelanja yang mereka sukai, tetapi sebagai pengusaha tentunya ini menjadi suatu tantangan tersendiri untuk menghadirkan konsep lintas platform. Ini mungkin akan terasa sulit saat kita mengawalinya, namun dengan berjalannya proses bisnis tentu konsep ini akan memberikan keuntungan. Pertama mudahkanlah konsumen untuk melihat, membeli, dan memberikan ulasan untuk produk kita.

Marketplace adalah salah satu cara termudah untuk menghadirkan produk kita di online, selain itu kita pun dapat menerima ulasan sebagai input untuk pengembangan produk kita kedepannya. Pergunakan juga sosial media sebagai media untuk promosi produk dan interaksi dengan konsumen. Di tahap lebih lanjut kita dapat melakukan optimisasi toko offline dengan menerapkan penggunaan aplikasi POS untuk pembayaran, mobile apps untuk kemudahan transaksi pembelian dari rumah, pembuatan website dengan fitur transaksi pembelian langsung, memasang iklan di aneka platform, serta melakukan kolaborasi dengan influencer yang berpengaruh. Pada akhirnya semua cara yang ditulis diatas adalah strategi yang dapat kita kembangkan sesuai dengan kondisi dan perkembangan usaha kita, sebagai pesan terakhir, pastikan setiap strategi tersebut terukur dalam sebuah analisa, analisa yang membantu kita untuk menentukan langkah yang tepat.

More in Discover

How to Athleisure Style?

Athleisure, a fitting contraction of the words “athletic” and “leisure,” refers to athletic apparel which people can wear…

Good and Easy Workout Routine

In recent decades, lifestyle as an important factor of health has become more interesting to researchers…

Yoga and Meditation

From the chapter before (PIL Pedia-007) we have an understanding what Yoga is, and how to start with it …