HOW TO BUILD A BRAND, NOT JUST A BUSINESS

By Pulau Intan Lestari

October 04, 2022

Listen to This Article

Audio Recording This Article

 Apakah kamu sudah benar-benar mengerti perbedaan antara Brand dan Bisnis? Bisnis dalam hal ini adalah perusahaan dengan karyawan, produk, dan layanan yang kamu miliki. Disisi lain, brand adalah gambaran dan identitas bisnismu. Mengembangkan brand dan bisnis seringkali dilakukan bersamaan, tetapi akan lebih baik memberikan prioritas pertama pada salah satunya. Pada sistem pemasaran yang lalu, kita mengenal produk sebagai aktor utama untuk kesuksesan sebuah bisnis, produk dengan kualitas yang lebih baik selalu membawa bisnismu ke hasil penjualan yang lebih baik. Tetapi pasar kini sudah lebih rumit; bahkan ketika produk mu sudah baik, ini tidak berarti kamu dapat menjualnya dengan mulus. Kamu harus mampu berkomunikasi dengan jelas mengenai produk mu ke target pelanggan, dan jalan ini dilalui dengan cara branding.
 Sebelumnya kami sudah mengatakan brand adalah gambaran dan identitas bisnis, hal ini setidaknya mencangkup empat elemen, yaitu :

1. Logo
 Logo adalah tulisan dan desain gambar yang menampilkan brand mu di setiap produk dan layanan. Ini akan sering muncul di setiap brand aset: produk mu, kartu nama, halaman web, merchandise, media sosial, dan di semua iklan dan materi pemasaran. Maka pastikan kamu memperhatikan mengenai logo dan mendesainnya mengikuti brand story mu. Sejauh yang kami ketahui, karakteristik dari logo yang baik adalah simpel, mudah diingat, dan sesuai.

2. Palet Warna
 Warna adalah komponen lain dari sebuah brand. Selain memberikan sisi keindahan, warna juga membantu brand mu terhubung dengan pelanggan lebih mendalam secara psikologis. Efek psikologis ini tentu beralasan dan ada teorinya. Dalam hal ini ada teori warna, teori yang menjelaskan bagaimana manusia mempersepsikan warna; dan visual Efek yang terjadi apabila warna dipadukan, baik warna yang sepadan ataupun kontras satu dengan yang lain. Mari berpikir sejenak tentang gelas kopi warna putih dan hijau dari Starbuck yang terkenal, bungkus ungu Cadbury yang ikonik, warna kuning dan Merah nya McDonald. Mereka memiliki palet warna yang simpel dan tentunya mudah dikenali, lalu apakah warna untuk brand mu ?

3. Tagline
 Tagline adalah sebuah frasa kalimat singkat yang digunakan untuk menyampaikan nilai suatu brand. Perusahaan biasanya menggunakan tagline sebagai kampanye pemasaran untuk membuat suatu kesan yang melekat pada konsumen. Tagline dibuat singkat tetapi bermakna signifikan, kamu dapat menceritakan tentang manfaat produk, ataupun visi bisnismu. Sebagai contoh kamu dapat melihat tagline dari brand terkenal seperti; Nike “Just Do It”, BMW “The Ultimate Driving Machine”, dan Walmart “Save Money. Live Better”.

4. Brandstory
 Sebuah Brand Story biasanya menceritakan motivasi mu ketika memulai bisnis saat pertama kali, dan mengapa kamu bangun dan melakukan aktivitas setiap harinya, mengapa pelanggan harus peduli, dan mengapa mereka harus percaya padamu. Pada akhirnya, metode branding terbaik di dunia adalah selalu tentang cerita. Cerita hadir sebagai hal mendasar sebagai kebutuhan manusia untuk dapat terhubung satu dengan yang lain, lalu marilah mulai menulis sebuah story brand dan hubungkan itu dengan pelanggan mu.

More in Discover

How to Athleisure Style?

Athleisure, a fitting contraction of the words “athletic” and “leisure,” refers to athletic apparel which people can wear…

Good and Easy Workout Routine

In recent decades, lifestyle as an important factor of health has become more interesting to researchers…

Yoga and Meditation

From the chapter before (PIL Pedia-007) we have an understanding what Yoga is, and how to start with it …