How to Sew Like Professional

By Pulau Intan Lestari

January 30, 2023

Listen to This Article

Audio Recording This Article

Ketika mengerjakan suatu proyek pakaian, mungkin kamu pernah dihadapkan pada permasalahan desain atau jahitan yang dinilai masih kurang baik oleh pelanggan. Kamu pun mulai mencari solusi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan tersebut. Untuk memproduksi pakaian dengan desain dan jahitan yang baik tentunya memerlukan pengetahuan dan teknik yang belum tentu semua orang ketahui, maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips tentang bagaimana cara menjahit dengan kualitas yang profesional.

1. Perhatikan fitting
Dalam dunia desain pakaian, fitting dapat diartikan sebagai fase pengepasan pakaian saat digunakan oleh pengguna. Adalah hal yang sudah seharusnya apabila pakaian yang kamu produksi bukan hanya terlihat bagus, tetapi juga nyaman saat digunakan. Dalam mempelajari fitting kamu memerlukan landasan teoritis yang bisa dibaca dari buku desain busana dan acuan pola yang sudah umum digunakan, dan ditambah juga dengan praktikal dengan pembuatan sampel yang disesuaikan dengan model.

2. Pastikan kain rapi sebelum dijahit
Untuk membuat suatu produk yang baik tentunya kita juga harus memperhatikan kerapian material yang digunakan serta kerapian saat proses kerjanya. Kamu dapat melakukannya dengan setrika atau alat press yang kamu miliki, proses ini umumnya dilakukan setelah pakaian selesai dijahit namun ada baiknya juga diperhatikan sebelum melakukan proses jahit.

3. Pastikan pola terpotong akurat
Pastikan alat potong mu selalu tajam dan dikerjakan dengan hati-hati, bukan hanya mengenai keselamatan kerja tetapi juga ketepatan potongan kain dengan pola yang dirancang.

4. Pastikan jahitan mu rapi dari luar dan dalam
Kami berpendapat bahwa kualitas jahitan tidak hanya dinilai dari penampilan luarnya saja, hasil jahitan profesionalnya seharusnya terlihat rapi baik dari luar dan dalam pakaian. Pelanggan akan menghargai setiap detail pekerjaanmu, dan tidak menilai bahwa jahitanmu asal-asalan.

5. Perhatikan ketepatan pola kain dan desain
Kamu tidak selalu bekerja dengan kain yang polos, maka kamu perlu memperhatikan juga ketepatan pola kain mulai dari proses pola, pemotongan, sampai jahit. Tentunya pelanggan tidak menginginkan hasil jadi yang menyimpang dari desain yang dibuat.

More in Discover

How to Athleisure Style?

Athleisure, a fitting contraction of the words “athletic” and “leisure,” refers to athletic apparel which people can wear…

Good and Easy Workout Routine

In recent decades, lifestyle as an important factor of health has become more interesting to researchers…

Yoga and Meditation

From the chapter before (PIL Pedia-007) we have an understanding what Yoga is, and how to start with it …