How to Sew Stretchy Fabric

By Pulau Intan Lestari

January 09 , 2023

Listen to This Article

Audio Recording This Article

Kain rajut dikenal sebagai jenis kain yang elastis, keelastisan in berguna saat kita ingin membuat jenis pakaian untuk senam, yoga, ataupun pakaian sehari-hari. Mungkin dari kalian ada yang masih berpikir bahwa kain rajut ataupun jenis kain yang elastis itu sulit untuk dijahit, sehingga akhirnya lebih memilih menggunakan jenis kain tenun. Umumnya kesulitan ini terjadi karena belum terbiasa, ataupun belum mengetahui teknik yang benar untuk mengerjakannya. Maka pada kesempatan kali ini, kami ingin berbagi sedikit tips yang dapat membantu kamu saat menjahit jenis kain rajut.

1. Jangan gunakan pola jahitan lurus (straight stitch)

Pola jahitan lurus berpotensi mengurangi keelastisan bahan dan memunculkan popped thread atau benang jahit yang muncul di permukaan. Lebih baik gunakan pola jahitan stretch stitch yang memang diperuntukan untuk menjahit jenis kain yang elastis, pola jahitan ini akan memungkinkan bahan untuk tetap elastis dan terhindar dari masalah popped thread.

2. Gunakan jarum yang khusus

Jarum khusus yang diperuntukan untuk menjahit bahan kain rajut adalah jarum jersey/bolpoin, dan jarum stretch. Jangan gunakan jarum universal; jarum ini tajam, mampu merobek serat bahan rajut, dan berpotensi membuat lubang yang tidak diinginkan di bahan tersebut. Perhatikan juga dalam pemilihan ukuran jarum; gunakan jarum yang lebih kecil untuk bahan kain rajut yang ringan, sedangkan untuk bahan kain rajut yang berat perlu menggunakan jarum yang lebih besar.

3. Gunakan Walking Foot

Dikenal juga sebagai even feed foot, ini adalah jenis aksesoris pembantu yang tepat digunakan saat bekerja dengan bahan kain rajut. Walking foot bekerja dengan mengunci dua lapis kain yang akan dijahit, dan memastikan keduanya terjahit secara bersamaan. Walking foot

4. Jahit dalam posisi relaks

Jangan menarik bahan kain dari belakang, ataupun mendorong bahan kain ke dalam presser foot. Cukup lemaskan dan biarkan bahan kain tertarik mengikuti pergerakan mesin jahit. Selain itu pastikan juga bahan kain tidak terjatuh ke depan maupun ke samping mesin jahit, yang mungkin menyebabkan posisi kain berubah saat proses jahit.

More in Discover

How to Athleisure Style?

Athleisure, a fitting contraction of the words “athletic” and “leisure,” refers to athletic apparel which people can wear…

Good and Easy Workout Routine

In recent decades, lifestyle as an important factor of health has become more interesting to researchers…

Yoga and Meditation

From the chapter before (PIL Pedia-007) we have an understanding what Yoga is, and how to start with it …