TIPS TO DO BUSINESS WITHOUT EMPLOYEES

By Pulau Intan Lestari

December 19, 2022

Listen to This Article

Audio Recording This Article

Karyawan adalah bagian dari sebuah bisnis, tetapi bukan berarti untuk memulai bisnis harus ada karyawan. Pada kenyataannya banyak startup yang mengawali bisnis pertama kalinya tanpa memiliki karyawan, mereka lebih memilih untuk melakukan nya sendiri ataupun mengajak rekan atau keluarganya sebagai partner dengan sistem perhitungan bagi hasil. Pada kesempatan kali ini, kami ingin membagikan tips untuk melakukan bisnis tanpa karyawan.

1. Carilah bisnis yang sederhana

Sederhana di sini bukanlah tentang bisnis yang terlalu mudah untuk di tiru, tetapi bisnis dengan support system berupa ketersediaan bahan baku yang bisa dipesan dan diantar ke rumah, kamu pun harus benar menguasai bidang usaha yang kamu lakukan, serta kamu juga harus mengetahui jaringan pemasaran yang telah kamu targetkan. Bisnis sederhana menurut kami adalah bisnis yang mudah dijalani karena kita sudah tahu dan kuasai dalam setiap tahapan proses bisnisnya.

2. Manfaatkan teknologi yang ada

Saat ini manusia sudah sangat dimanjakan dengan teknologi yang ada, dari segi digital kamu dapat memanfaatkan media sosial, marketplace, ataupun layanan website dengan template yang mudah di kostumisasi. Dari segi pendistribusian kamu dapat menggunakan layanan kurir yang bisa pickup dan antar secara cepat. Dari segi pelayanan kamu dapat menggunakan fitur instant messaging seperti group ataupun layanan auto reply untuk pertanyaan yang kerap ditanyakan oleh customer.

3. Gunakan tenaga freelancer

Saat ini kamu dapat mempekerjakan freelancer yang hanya perlu dibayar untuk setiap project ataupun masa kerja tertentu. Dari segi pembiayaan tentu ini jauh lebih hemat, karena kamu hanya perlu membayar saat kamu membutuhkan jasa mereka, bukan lagi biaya bulanan selayaknya gaji.

4. Bergabung dengan komunitas bisnis

Manfaatkan komunitas bisnis untuk membangun relasi bisnis. Kamu bisa mendapatkan banyak rekanan yang akan membantumu sesuai dengan bidang yang mereka kuasai. Sebagai contoh; pelaku bisnis pakaian tentunya kita memerlukan relasi yang baik dengan supplier bahan kain, konveksi ataupun garment, pekerja sablon, ataupun reseller yang nantinya akan menjadi team pemasaran.

Kamu mungkin mulai berpikir, tips ini hanya berlaku untuk orang yang baru memulai bisnis. Mungkin ada benarnya, tetapi bukan berarti tips ini tidak berguna untuk bisnis yang sudah berjalan. Dunia bisnis tidak selalu baik, tetapi kita akan terus bekerja keras untuk membuatnya bergerak. Jadi apapun kondisinya kita tidak perlu mengeluh, selalu ada cara untuk menghadapi semua kondisi, termasuk dengan permasalahan kekurangan ataupun tanpa karyawan kita tetap dapat melakukan bisnis yang produktif.

More in Discover

How to Athleisure Style?

Athleisure, a fitting contraction of the words “athletic” and “leisure,” refers to athletic apparel which people can wear…

Good and Easy Workout Routine

In recent decades, lifestyle as an important factor of health has become more interesting to researchers…

Yoga and Meditation

From the chapter before (PIL Pedia-007) we have an understanding what Yoga is, and how to start with it …